Ilustrasi Gedung KPK. Medcom/Fachri Audhia Hafiez
Ilustrasi Gedung KPK. Medcom/Fachri Audhia Hafiez

Eks Legislator Banjar Dikulik Dugaan Aliran Uang 'Panas' untuk Kampanye

Nasional kpk Kasus Suap kasus korupsi
Fachri Audhia Hafiez • 11 November 2020 09:31
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa eks anggota DPRD Kota Banjar Rosidin dalam perkara dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar tahun anggaran (TA) 2012 hingga 2017. Lembaga Antikorupsi mengusut adanya aliran uang haram untuk kampanye.
 
"Dikonfirmasi terkait dugaan aliran dana untuk biaya kampanye," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu, 11 November 2020.
 
Ali tak menyebut detail jumlah uang yang dikonfirmasi penyidik. Tidak disebutkan pula kegiatan kampanye pemilu mana yang dialirkan uang panas tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK juga memanggil sejumlah saksi dari berbagai unsur serta dikonfirmasi dengan materi pemeriksaan yang berbeda. Saksi itu meliputi Asisten Daerah (Asda) II Sekretariat Daerah Kota Banjar Agus Eka Sumpena. Dia dicecar soal proses pengelolaan anggaran di Kota Banjar.
 
Kemudian, wiraswasta Acep Iwan Nugraha diminta menjelaskan aliran transaksi keuangan pada pihak tertentu yang terkait dengan perkara ini. Pengurus CV Mutiara Prima Entus dikonfirmasi mengenai proyek yang dikerjakan Dinas PUPR Pemkot Banjar.
 
KPK belum membeberkan detail perkara yang dalam tahap penyidikan ini. Lembaga Antikorupsi akan membeberkan seluruh informasi korupsi ini jika telah menetapkan tersangka serta melakukan penahanan.
 
Baca: Eks Pejabat Mimika Dicecar Soal Penyimpangan Anggaran Pembangunan Gereja
 
Penyidik masih mengumpulkan alat bukti serta memeriksa sejumlah saksi. Penggeledahan di beberapa tempat di Kota Banjar juga dilakukan tim penyidik.
 
Saksi penting juga telah dikorek penyidik, seperti Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih yang diperiksa pada Rabu, 12 Agustus 2020. Saksi lainnya dari unsur pejabat di Pemerintah Kota Banjar, legislator Kota Banjar, serta pihak swasta telah dimintai keterangan oleh penyidik KPK.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif