Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Sidang Lanjutan Gugatan Perppu Korona Digelar 14 Mei

Nasional Virus Korona
Fachri Audhia Hafiez • 11 Mei 2020 14:08
Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) akan melanjutkan sidang uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19. Sidang berikutnya akan digelar Kamis, 14 Mei 2020.
 
"Sidang perbaikan judicial review (JR) Perppu korona dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Agenda perbaikan permohonan," kata Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman selaku penggugat saat dikonfirmasi Medcom.id, Senin, 11 Mei 2020.
 
Pihak penggugat Perppu Korona lain, yaitu mantan Ketua MPR Amien Rais, eks Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Sirajuddin (Din) Syamsuddin, dan Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia Sri Edi Swasono; perkumpulan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Yayasan Mega Bintang Solo Indonesia 1997, dan perorangan atas nama Damai Hari Lubis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Aturan Perppu Penanganan Covid-19 Harus Segera Diterbitkan
 
Pada persidangan perdana, MK meminta para penggugat untuk melengkapi permohonan dan mengelaborasi isi gugatan. Sebab, dalam satu gugatan terdapat beberapa pihak dengan berbagai profesi.
 
MK menyarankan petitum dari seluruh pihak disederhanakan menjadi tiga poin. Misalnya, petitum pertama meminta hakim MK mengabulkan seluruh gugatan, petitum kedua menyatakan Perppu Korona dianggap bertentangan, dan tidak mempunyai kekuatan hukum.
 
Anggota Panel Hakim Wahiduddin Adams menyarankan seluruh penggugat memperkaya gugatan dengan membandingkan studi kasus negara lain. Penggugat bisa mengambil contoh negara yang berhasil menghadapi pandemi korona dengan perppu dan negara yang gagal.
 
"Jadi bisa lihat sejauh mana dampak pengaturan negara itu pada supremasi konstitusi kita," kata Adams di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 28 April 2020.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif