Keterangan Polda Metro atas kasus penipuan online. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Keterangan Polda Metro atas kasus penipuan online. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Penipuan WN Tiongkok, Kerugian Korban Capai Rp36 Miliar

Nasional penipuan
Fachri Audhia Hafiez • 27 November 2019 01:22
Jakarta: Kerugian yang dialami korban penipuan online atau menggunakan telepon dengan 85 pelaku Warga Negara (WN) Tiongkok ditaksir mencapai Rp36 miliar. Para korban yang ditipu juga berasal dari negara Tiongkok.
 
"Dari hasil investigasi yang dilakukan sementara, adapun kerugian Rp36 miliar," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Irjen) Gatot Eddy Pramono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, 26 November 2019.
 
Polisi masih mengusut rincian kerugian yang para korban. Gatot mengatakan, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri serta Ditjen Imigrasi untuk penanganan para pelaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gatot menjelaskan, kejahatan ini terungkap dari otoritas Tiongkok yang melaporkan adanya tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh warga negaranya. Penegakan hukum pun akan dilakukan di negeri tirai bambu lantaran semua korban berada di Tiongkok.
 
"Ini juga salah satu bentuk kerjasama dengan kepolisian Tiongkok menginformasikan kepada kita," ujar Gatot.
 
Sebanyak 85 WN Tiongkok ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan online atau menggunakan telepon. Enam warga negara Indonesia (WNI) yang turut ditangkap penyidik Polda Metro Jaya hanya berstatus saksi.
 
Pelaku menyasar korbannya yang berada di Tiongkok. Modus yang mereka lakukan ialah berpura-pura menjadi penegak hukum seperti polisi, jaksa bahkan bankers.
 
Masing-masing tersangka menghubungi korban yang memiliki masalah hukum. Pelaku mengiming-imingi membantu, kemudian meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang. Setelah uang diterima, para pelaku menghilang.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif