Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id
Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id

Polri Ungkap Canggihnya Organisasi Teroris Jamaah Islamiyah di Indonesia

Nasional terorisme
Theofilus Ifan Sucipto • 12 Juli 2019 16:39
Jakarta: Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Birgjen Dedi Prasetyo menilai perkembangan organisasi teroris Jamaah Islamiyah (JI) semakin baik. Organisasi yang dipimpin PW itu kini mampu memetakan lokasi strategis untuk melancarkan aksi.
 
"PW sebagai amir ternyata pengembangan organisasinya sudah semakin bagus," kata Dedi di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Dedi mengatakan JI saat ini memiliki deputi umum dan bendahara. Organisasi radikal itu juga telah menyiapkan strategi penguasaan wilayah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Strategi itu, lanjut dia, dilakukan karena JI sudah lebih modern. Mereka bisa mencari pemilik dana atau basis ekonomi yang kuat.
 
"Sentralnya (penguasaannya) tetap (Pulau) Jawa. Pendukung-pendukungnya (dari) sisi ekonominya ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan NTB (Nusa Tenggara Barat)," beber Dedi.
 
Sementara itu, pola rekrutmennya dilakukan secara tertutup. Anggota baru akan dilatih dan diberi kesempatan ke luar negeri, seperti Suriah atau Irak. "Selama di sana, mereka mengikuti langsung praktik perang," tutur Dedi.
 
JI juga mempersiapkan propaganda melalui media sosial. Tujuannya, membentuk opini tentang JI.
 
Selain menggunakan media sosial, JI juga mendekati tokoh agama dan masyarakat. Hal itu untuk membuat manajemen kekacauan.
 
Dedi mengatakan manajemen kekacauan tersebut dilihat dari dinamika di masyarakat. Mereka akan mengacau saat ada demonstrasi. Tujuan akhirnya ialah memolarisasi umat dan membentuk daulah-daulah.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif