Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemaanan Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemaanan Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Mahfud: Penyelesaian Kasus HAM Harus Demi Kepentingan Bangsa

Nasional pelanggaran ham
Faisal Abdalla • 25 Oktober 2019 14:47
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemaanan Mahfud MD berjanji menuntaskan kasus pelanggaran HAM masa lalu. Penyelesaian kasus demi kepentingan bangsa.
 
"Pasti akan dibahas, pasti akan dibahas. Upaya-upaya menuntaskan pelanggaran HAM masa lalu," kata Mahfud di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Mahfud menegaskan pembahasan kasus pelanggaran HAM masa lalu selalu menjadi agenda di kementerian. Dia meminta penyelesaian kasus HAM masa lalu tak disalahartikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan penyelesaian kasus HAM tak bisa mengedepankan ego segelintir pihak. Penyelesaian perlu dilihat dari kacamata kepentingan bangsa dan negara.
 
"Nanti kalau diselesaikan ada yang tak setuju, lalu dianggap tak selesai, itu bukan bernegara, tapi hidup berpreman namanya," tutur dia.
 
Janji Mahfud menuntaskan kasus HAM masa lalu sudah diutarakan sejak ia dilantik sebagai Menkopolhukam pada Rabu, 23 Oktober 2019. Mahfud janji bakal meninjau kembali kasus-kasus tersebut.
 
"Harus diselesaikan. Dulu tak pernah ada undang-undang tentang komisi rekonsiliasi dan kebenaran. Itu penting dibuka lagi," ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Mahfud mengaku perlu melihat semua kasus pelanggaran HAM. Sebab, beberapa kasus sudah kedaluwarsa.
 
Mahfud bakal mengoordinasikan soal penegakan hukum. Sehingga, persepsi penegakan hukum tidak mengecewakan.
 
Mahfud juga menjamin akan bertindak tegas dalam pemberantasan korupsi dan deradikalisasi. Dia mengaku akan mencari tahu lebih dalam informasi umum di Kantor Kemenko Polhukam.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif