Bharada E menyebut Ricky Rizal punya ide menabrakkan mobil terkait kematian Brigadir J/Bharada E memakai baju tahanan/Medcom.id/Siti
Bharada E menyebut Ricky Rizal punya ide menabrakkan mobil terkait kematian Brigadir J/Bharada E memakai baju tahanan/Medcom.id/Siti

Ricky Rizal Disebut Sempat Usulkan Kematian Brigadir J

Fachri Audhia Hafiez • 30 November 2022 17:48
Jakarta: Terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E menyebut Bripka Ricky Rizal atau RR mengusulkan cerita kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Ricky Rizal memiliki ide bahwa kematian rekannya itu karena tertabrak mobil.
 
Awalnya Bharada E menjelaskan bahwa dia bersama Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf kerap dikumpulkan oleh Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Tujuannya, agar mereka tetap memberikan keterangan kepada penyidik penyebab tewasnya Brigadir J karena baku tembak dan adanya pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi.
 
"Jadi pascakejadian itu (tewasnya Brigadir J) kami sering dipanggil Bapak dan Ibu di lantai dua, ngobrol semangat, tetap terangkan sesuai dengan itu (skenario)," ujar Bharada E saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu, 30 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bharada E mengaku tak ingat saat ditanya soal waktu kejadian. Dia hanya ingat Ricky Rizal punya ide seolah-olah Brigadir J tertabrak saat perjalanan dari Magelang menuju Jakarta.
 

Baca: Bharada E Bercerita Brigadir J Mengerang Kesakitan Usai Ditembak


"Sempat di lantai itu, Ricky sempat ngobrol ke saya blak-blakan 'Chad sebenarnya saya rencana mau nabrakin mobil sampai Magelang ke Jakarta, nabrakin mobil karena almarhum di sebelah kiri'. Almarhum itu kan tidur. Nabrakin mobil di sebelah kiri," ucap Bharada E.
 
Hakim terkejut mendengar keterangan itu. Dia menanyakan ulang kepada Bharada E.
 
"Diarahkan ke Yosua?" tanya hakim.
 
"Siap betul," jawab Bharada E.
 
"Enggak tanya apa alasannya?" tanya hakim.
 
"Saya berpikir dalam pikiran saya ini (permasalahan) sudah ada di Magelang," ucap Bharada E.
 
Hakim sempat mempertanyakan apakah kesaksian itu bisa dipertanggungjawbkan oleh Bharada E. Sebab, keterangan itu belum tertera dalam berkas dakwaan ataupun berita acara pemeriksaan (BAP).
 
"Siap (bisa dipertanggungjawabkan) saya sudah disumpah," ucap Bharada E.
 
Bharada E dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf. Mereka bertiga didakwa bersama-sama melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Ketiganya didakwa melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP.
 
Perbuatan itu dilakukan bersama-sama Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Mereka juga berstatus terdakwa dalam perkara ini.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif