Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Tumpak: Omong Kosong Dewas Perlambat KPK

Nasional OTT KPK
M Sholahadhin Azhar • 14 Januari 2020 17:22
Jakarta: Dewan Pengawas (Dewas) Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpihak penuh kepada pengentasan rasuah. Tak ada sedikit pun upaya Dewas untuk menghambat KPK.
 
"Tidak usah khawatir. Omong kosong orang bilang Dewas itu memperlama-lama. Eggak ada itu," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Dia mencontohkan izin penggeledahan terkait suap pergantian antarwaktu (PAW) calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan Harun Masiku. Izin keluar sangat cepat, bahkan kurang dari waktu maksimal yang ditentukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cuma berapa jam saja sudah jadi," kata dia.
 
Menurut dia, ada kesepakatan antaranggota Dewan Pengawas tentang pemberian izin. Prosedur itu tak boleh lebih dari 24 jam. Ketetapan serupa berlaku untuk izin penyadapan, penyitaan, dan penindakan lain.
 
"Kita sudah sepakati bagaimana prosedur meminta izin, dan bagaimana mengeluarkan izin dan itu sama sekali tidak menghambat," jelas dia.
 
Untuk memuluskan perizinan, Tumpak tengah menginkubasi sebuah aplikasi. Dengan demikian, KPK bisa mengajukan izin dengan leluasa karena aplikasi berbasis digital.
 
"Sehingga bisa memudahkan antarkami dengan penyidik walaupun dia di Papua sana bisa berhubungan dengan kami," kata dia.
 
Izin yang diberikan Dewas berlaku 30 hari sejak diteken. Penyidik bisa saja tak langsung bertindak usai restu Dewas dikantongi. Pasalnya, bisa jadi mereka tengah memikirkan strategi penindakan.
 
"Kami hanya memberikan izin 1x24 jam sejak pengajuan permohonan. Kapan mereka mau menggeledah? Terserah dia," ungkap mantan Ketua KPK itu.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif