Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade. Medcom.id/ Siti Yona
Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade. Medcom.id/ Siti Yona

Instagram Diretas, Politikus Gerindra Lapor Polisi

Nasional media sosial
Siti Yona Hukmana • 11 Juli 2019 03:28
Jakarta:Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade melapor ke Polda Metro Jaya. Laporan ia buat atas adanya dugaan retasan dalam akun Instagram pribadinya.
 
"Saya melaporkan Instagram saya yang di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tadi saya berkoordinasi dengan Kasubdit Cyber PMJ untuk melaporkan kasus ini," kata Andre di Mapolda Metro Jaya, Rabu, 10 Juli 2019
 
Andre mengatakan kejadian dugaan peretasan itu diketahui sejak pagi. Saat itu, tiba-tiba akun Instagram miliknya tidak bisa dibuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Instagram saya di logout jam 07.30 WIB dan sudah mulai ada tambahan nama di pemberitahuannya," aku Andre.
 
Kemudian, Andre menerima pemberitahuan melalui email jika akun Instagramnya sudah pindah tangan ke orang yang tidak dikenal. Hal ini yang membuat ia menduga kuat Instagramnya diretas orang yang tak bertanggung jawab.
 
Lebih lanjut, Andre menyebut dalam beberapa hari terakhir ia tak mengirimkan status yang menonjol dalam akun Instagramnya. Ia hanya mengirimkan status tentang Partai Gerindra.
 
"(Terakhir membuat status di Instagram) tadi malam, kemarin biasa soal kutipan televisi swasta terkait posisi Gerindra di luar," ujar Andre.
 
Laporan Andre teregistrasi dengan nomor LP/4141/VII/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus, tanggal 10 Juli 2019. Terlapor dalam laporan ini masih lidik.
 
Saat membuat laporan polisi, Andre membawa sejumlah barang bukti. Di antaranya bukti-bukti tangkapan layar yang menunjukan pesan bahwa Instagramnya sudah berpindah tangan.
 
"Saya berharap pelaku-pelaku yang tidak bertanggung jawab, para hacker yang tidak bertangung jawab bisa diproses hukum," tandasnya.
 
Andre menyangkakan terlapor dengan Pasal 30 ayat (3) junto 46 ayat (3) dan atau Pasal 32 ayat (1) junto Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang RI tahun 2016 tentang ITE.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif