Ilustrasi. Media Indonesia.
Ilustrasi. Media Indonesia.

Dirut PT PAL Budiman Saleh Jadi Tersangka Korupsi PT Dirgantara Indonesia

Nasional kpk kasus korupsi dirgantara indonesia
Fachri Audhia Hafiez • 22 Oktober 2020 16:54
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Direktur Utama PT PAL Budiman Saleh sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kegiatan penjualan dan pemasaran di PT Dirgantara Indonesia (DI) pada 2007-2017. Penetapan tersangka itu berdasarkan bukti permulaan yang cukup.
 
"KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ke penyidikan dan menetapkan tersangka," kata Deputi Penindakan KPK Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Budiman menjadi tersangka ketiga dalam perkara ini. Dua tersangka lainnya, yakni mantan Direktur Utama PT DI Budi Santoso dan mantan Kepala Divisi Penjualan PT DI Irzal Rinaldi Zailani segera disidang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budiman telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 12 Maret 2020, namun baru diungkap jelang penahanan. Budi ditahan untuk 20 hari ke depan.
 
"Sejak 22 Oktober 2020 sampai dengan 10 November 2020 di rumah tahanan (rutan) cabang KPK di Gedung Merah Putih KPK," ujar Karyoto.
 
Budiman disangkakan melanggar Pasal 2 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHPidana.
 
Kasus ini bermula pada akhir 2007 saat rapat dewan direksi PT DI membahas dan menyetujui penggunaan mitra penjualan. Persetujuan atau kesepakatan untuk menggunakan mitra penjualan sebagai cara untuk memperoleh dana khusus untuk customer/end user.
 
Penandatanganan sebanyak 52 kontrak fiktif mitra selama periode 2008-2016. Kontrak hanya sebagai dasar pengeluaran dana dari PT DI dalam rangka pengumpulan dana untuk diberikan kepada customer/end user.

 
Halaman Selanjutnya
Dana yang dihimpun oleh para…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif