Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Tingkat Kepercayaan Terhadap TNI Tertinggi, KPK di Bawah Polri

Nasional KPK tni polri survei Penegakan Hukum
Anggi Tondi Martaon • 25 April 2022 19:51
Jakarta: Charta Politika melakukan survei melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap berbagai instansi dan lembaga. Hasilnya, TNI kembali meraih tingkat kepercayaan tertinggi, mencapai 85,1 persen.
 
"Pascareformasi formasi pasti TNI mendapatkan (kepercayaan) cukup tinggi. Pasti kita tahu selalu menempati peringkat nomor 1," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam diskusi virtual pada Senin, 25 April 2022.
 
Peringkat kedua ditempati pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tingkat kepercayaan terhadap eksekutif mencapai 75,8 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peringkat ketiga, yaitu Polri dengan tingkat kepercayaan 70,6 persen. Kemudian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 69,9 persen.
 
Yunarto pun menyoroti tingkat kepercayaan Polri dan KPK. Tingkat kepercayaan Korps Bhayangkara lebih baik ketimbang Lembaga Antikorupsi.
 
"Masa lalu tingkat kepercayaan masih tinggi biasanya Polri di bawah KPK. Tapi sekarang kecenderungan Polri hampir selalu ada di peringkat ke 3, di atas KPK," kata dia.
 
Baca: Survei: Tingkat Kepercayaan Terhadap TNI Paling Tinggi, Parpol Terendah
 
Sementara itu, Kejaksaan Agung (Kejagung) mendapatkan tingkat kepercayaan mencapai 65,6 persen. Sedangkan DPR konsisten berada di posisi buncit pada tingkat kepercayaan terhadap instansi dan lembaga negara.
 
"Hampir di semua survei yang dilakukan lembaga-lembaga kredibel juga memperlihatkan DPR ini hampir selalu berada di posisi paling buncit," ujar dia.
 
Survei dilakukan pada 10-17 April 2022. Jumlah responden dalam jajak pendapat tersebut yaitu 1.220 responden.
 
Tingkat margin of error survei tersebut mencapai 2,83 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif