Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. MI/Susanto
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. MI/Susanto

KPK Klaim Menyelamatkan Uang Negara Hingga Rp114,29 Triliun dari Pencegahan

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi aset negara Firli Bahuri
Anggi Tondi Martaon • 26 Januari 2022 12:38
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupaya meminimalkan upaya korupsi. Total keuangan negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp114,29 triliun selama 2021.
 
"Melalui Kedeputian Koordiasi Supervisi, KPK selamatkan keuangan negara sebesar Rp114,29 T pada 2021," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 26 Januari 2022.
 
Jumlah tersebut terdiri dari realisasi penagihan piutang pajak daerah yang berpotensi tidak tertagih mencapai Rp5,54 triliun dan sertifikasi aset negara atau daerah sebanyak 13.404 bidang senilai Rp52,71 triliun. Kemudian, pemulihan atau penertiban 93.237 bidang aset negara/daerah bermasalah senilai Rp6,82 triliun dan pemulihan atau penertiban 4.108 fasilitas umum dan sosial senilai Rp49,21 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eks Kapolda Sumatra Selatan itu menegaskan KPK fokus melakukan pencegahan. Pasalnya, kinerja KPK tidak bisa diukur hanya melalui jumlah perkara yang ditangani. 
 
Baca:  KPK Selamatkan Rp416,9 Miliar dari Upaya Penindakan Sepanjang 2021
 
"Kinerja kita bukan hanya diukur dengan seberapa banyak orang yang kita tahan, bukan seberapa banyak orang yang kami tangkap," ungkap Firli.
 
Dia menegaskan kinerja instansi penegak hukum bersifat ad hoc itu diukur dari mencegah potensi korupsi. Sehingga, tidak ada celah bagi koruptor mencuri uang rakyat.
 
"Dan kalaupun terjadi korupsi, maka korupsi tersebut tidak terulang kembali," ujar dia
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif