Pemerintah Usut Penyelewengan Dana Desa
Wakil Presiden jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta
Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) mengungkap terdapat 181 kasus korupsi dalam program dana desa dengan total kerugian mencapai Rp40,6 miliar. Wakil Presiden Jusuf Kalla menjamin penyelewengan dana bakal diusut tuntas. 

Meski demikian, Kalla menyebut, jumlah 181 kasus dalam program dana desa terbilang kecil. Terdapat 75 ribu desa yang mendapatkan dana desa setiap tahun. Jika dihitung sejak 2015, terdapat 225 ribu program desa yang dikucurkan. 

"Tapi berapa pun akan diperiksa oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) dan inspektorat," kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 23 November 2018. 


Pemerintah pusat akan menugaskan inspektorat kabupaten untuk mengusut hal ini. Karena, tak mungkin pemerintah pusat memeriksa 75 ribu desa secara langsung. 

(Baca juga: Pemprov Jabar Awasi Penggunaan Dana Desa)

Inspektorat kabupaten wajib mengawasi program dana desa ini. Karena, kata Kalla, dana desa diturunkan pusat ke kabupaten yang kemudian dilanjutkan ke desa dengan pengawasan kecamatan.

"Berarti yang bisa memeriksa itu inspektorat di kabupaten dan inspektorat di provinsi," kata dia. 

ICW menyebut setidaknya terdapat 181 kasus korupsi dana desa sejak program itu bergulir pada 2015. Korupsi itu menjerat 184 tersangka dengan kerugian mencapai Rp40,6 miliar. 





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id