Kesaksian Setya Novanto di Sidang Kasus KTP-el Ditunda

Damar Iradat 14 September 2018 14:17 WIB
korupsi e-ktp
Kesaksian Setya Novanto di Sidang Kasus KTP-el Ditunda
Ilustrasi--Setya Novanto--MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menunda sidang lanjutan perkara korupsi KTP elektronik dengan terdakwa Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung. Sidang baru akan digelar pada Selasa, 18 September 2018.

Sidang kali ini sedianya diagendakan pemeriksaan saksi. Jaksa bahkan sudah menghadirkan enam saksi dalam sidang hari ini, antara lain; Paman Irvanto, Setya Novanto; Mantan Direktur Utama Quadra Solutions Anang Sugiana Sudihardjo; dan mantan Direktur Utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Isnu Edhi Wijaya.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Yanto mengatakan, sidang hari ini ditunda lantaran sejumlah anggota majelis hakim masih menjalani sidang lain. "Jadi, hari ini sidang kita tunda, kita lanjutkan hari Selasa, 18 September 2018. Untuk para saksi yang sudah hadir, nanti diminta untuk hadir kembali pada hari Selasa," kata hakim Yanto.


Mantan Direktur PT Murakabi Sejahtera Irvanto Hendra Pambudi dan pengusaha Made Oka Masagung didakwa memperkaya sejumlah pihak, termasuk mantan Ketua DPR Setya Novanto sebesar US$7,3 juta dalam proyek penerapan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (KTP-el). Negara diduga merugi hingga Rp2,3 triliun akibat perbuatan keduanya.

Baca: Novanto Disebut Mengantongi 'Catatan Maut KTP-el'

Atas perbuatannya, Irvanto dan Made Oka didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang- Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUHP.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id