Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: ANT/Wahyu Putro A
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: ANT/Wahyu Putro A

Masyarakat Diminta Ikuti Anjuran Ulama saat Covid-19

Nasional Virus Korona
Kautsar Widya Prabowo • 18 Mei 2020 07:30
Jakarta: Kapolri Jenderal Idham Azis meminta masyarakat mengikuti anjuran ulama dalam penanganan virus korona (covid-19). Hal tersebut disampaikan ketika menggelar diskusi bersama Ustaz Das'ad Latif secara virtual.
 
"(Masyarakat perlu) menaati anjuran hidup sehat, cuci tangan, budayakan pakai masker, physical distancing, dan tidak mudik," ujar Idham dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu, 17 Mei 2020.
 
Idham menyakini Indonesia akan terbebas dari covid-19 bila masyarakat mengikuti anjuran pemerintah dan ulama. Menurut dia, perlu semangat gotong royong untuk membangun solidaritas sesama masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memastikan jajaranya tetap akan menjalankan tugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Seluruh kegiatan dilakukan berdasarkan protokol penanganan covid-19.
 
"Seluruh aktivitas di institut Kepolisian berjalan dengan baik. Karena saat ini negara membutuhkan pengabdian agar dapat segera mungkin keluar dari pandemi ini," ucap Idham.
 
Idham juga memerintahkan seluruh jajarannya untuk melakukan pola hidup sederhana dan menaati anjuran setiap agama di Indonesia. Dalam asas Tribrata dan Catur Prasetya, Polri merupakan pelindung, pelayanan, dan pengayom masyarakat.
 
Polisi, kata Idham, harus memiliki keteladanan hidup sederhana atau tidak boleh menerapkan perilaku hedonisme. Semua pola hidup sederhana itu harus dimulai dari pimpinan.
 
"Menegakkan disiplin dengan hormat, menampilkan sisi humanis, tidak boleh menjadi monster karena yang dihadapi adalah masyarakat dan saudaranya sendiri," tutur Idham.
 
Baca: 50 Persen Wilayah Jabar Masih Zona Merah Covid-19
 
Idham menekankan polisi juga harus memiliki sikap empati yang lebih untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif