Polisi menunjukkan bola mainan yang dipakai untuk menyelundupkan sabu. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Polisi menunjukkan bola mainan yang dipakai untuk menyelundupkan sabu. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Bola Mainan Modus Baru Penyelundupan Sabu

Nasional narkoba
Yurike Budiman • 03 Februari 2020 15:51
Jakarta: Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan Direktorat Jenderal Bea Cukai mengungkap modus baru peredaran narkotika jenis sabu. Barang haram itu disisipkan ke dalam bola mainan anak-anak.
 
"Ada lima paket berbentuk bola isinya adalah sabu-sabu cair. Sabu-sabu cair ini beratnya hampir 400 gram per satu bola," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus, Senin, 3 Februari 2020.
 
Menurut dia, bola yang dipakai pelaku sebenarnya mainan pabrikan. Bila dipukul, lampu di dalam bola akan menyala. Dari bola-bola itu, total polisi menyita 1.962 gram sabu cair.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalamnya cair. Nah, cara menggunakannya, di sini ada lubang, saat dikeluarkan cairan ini bisa berubah kristal, mengeras. Itulah sabu-sabunya," kata Yusri.
 
Dalam kasus ini, polisi awalnya menangkap satu pelaku, D, yang hendak mengambil paket itu. D mengaku disuruh tersangka R.
 
"Kemudian kami tangkap tersangka R, lalu saudara E dan I. Ini suami istri dan pemesan barang," kata Yusri.
 
Atas perbuatannya, tersangka pengedar sabu cair dikenakan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 111 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Mereka terancam hukuman penjara paling lama 20 tahun.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif