Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri. Medcom.id/Arga Sumantri
Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri. Medcom.id/Arga Sumantri

Eks Kadis PUPR Mojokerto Diadili di PN Tipikor Surabaya

Nasional gratifikasi Kasus Suap
Fachri Audhia Hafiez • 13 Mei 2020 21:12
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas tahap II terhadap tersangka mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kadis PUPR) Kabupaten Mojokerto Zainal Abidin. Berkas perkara akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, Jawa Timur.
 
"Tim jaksa penuntut umum akan segera melimpahkan berkas perkara Terdakwa dalam waktu 14 hari kerja ke PN Tipikor Surabaya," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Selama proses tersebut, KPK akan memperpanjang penahanan terhadap Zainal. Penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan terhitung sejak Rabu, 13 Mei 2020 hingga Senin, 1 Juni 2020 di rumah tahanan (rutan) KPK K4.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zainal merupakan tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi bersama-sama dengan mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasha. Zainal bersama Mustofa ditetapkan sebagai tersangka terkait dengan penerimaan gratifikasi pada 30 April 2018.
 
Baca: Mantan Bupati Mojokerto Dituntut Berlapis
 
Keduanya diduga bersama-sama menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya. Perkara ini merupakan pengembangan dari kasus Mustofa yang diduga menerima gratifikasi Rp1 miliar lebih secara bertahap dari kontraktor Eryk Armando Talla.
 
Zainal dan Mustofa disangkakan melanggar Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif