Buronan kasus korupsi cessie (hak tagih) Bank Bali Djoko Tjandra. MI/Soleh
Buronan kasus korupsi cessie (hak tagih) Bank Bali Djoko Tjandra. MI/Soleh

Imigrasi: Tak Ada Data Kedatangan Djoko Tjandra dari Kuala Lumpur

Nasional kasus korupsi Djoko Tjandra
Candra Yuri Nuralam • 14 Juli 2020 06:47
Jakarta: Imigrasi mengklaim tak ada data kedatangan buronan kasus korupsi cessie (hak tagih) Bank Bali, Djoko Soegiarto Tjandra, melalui Kuala Lumpur, Malaysia. Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) menduga Djoko Tjandra masuk Indonesia lewat Kuala Lumpur.
 
"Atas nama Djoko Soegiarto Tjandra tidak ada dalam data perlintasan imigrasi (melalui Kuala Lumpur)," kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang kepada Medcom.id, Selasa, 14 Juli 2020.
 
Arvin menjelaskan bila Djoko masuk melalui jalur legal pasti terdata. Data Djoko pasti diketahui pihak imigrasi melalui pengecekan paspor di perbatasan antarnegara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan data kedatangan Djoko melalui Papua Nugini juga tak tercatat. Jalur kepulangan Djoko ke Tahan Air masih menjadi misteri.
 
"Kalau Djoko Soegiarto Tjandra keluar masuk melalui tempat pemeriksaan imigrasi dan diperiksa oleh petugas imigrasi akan ada data perlintasannya," ujar Arvin.
 
(Baca: Djoko Tjandra Disebut Dapat Surat Jalan dari Sebuah Instansi)
 
Sebelumnya, Koordinator MAKI Boyamin Saiman tak yakin Djoko masuk Indonesia dari Papua Nugini. Menurut dia, Djoko masuk melalui Pos Entikong, Kalimantan dari Kuala Lumpur, Malaysia.
 
Boyamin juga menyebut Djoko mendapat surat jalan dari sebuah instansi. Surat itu mempermudah Djoko melenggang di Indonesia.
 
"Pada pagi hari ini, kami mendapat foto sebuah surat jalan Djoko Tjandra dari oknum sebuah instansi," kata Boyamin dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.
 
Dalam surat jalan tersebut, tertulis Djoko Soegiarto Tjandra sebagai konsultan dan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dengan jadwal keberangkatan 19 Juni 2020 dan kembali 22 Juni 2020. Dia bepergian menggunakan pesawat.
 

(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif