Ilustrasi Mahkamah Agung. MI/Bary Fathahilah
Ilustrasi Mahkamah Agung. MI/Bary Fathahilah

Sidang Daring Perkara Pidana Direncanakan Permanen

Nasional mahkamah agung persidangan Mahkamah Agung RI
Antara • 19 Agustus 2020 22:37
Jakarta: Mahkamah Agung (MA) berencana menjadikan sidang daring perkara pidana sebagai prosedur permanen. Skema sidang itu merupakan kerja sama MA, Kejaksaan Agung, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) menyikapi pandemi korona (covid-19).
 
"Telah mendapatkan perhatian dari Mahkamah Agung untuk dikembangkan menjadi kebijakan yang bersifat permanen pada lembaga peradilan," ujar Ketua MA Muhammad Syarifuddin dalam peringatan HUT ke-75 MA yang disiarkan secara daring, Rabu, 19 Agustus 2020.
 
Pihaknya memandang positif kerja sama skema daring yang ditandatangani pada 13 April 2020. Saat ini, regulasi pelaksanaan persidangan perkara pidana secara elektronik masih digodok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada kelompok kerja yang merumuskan rancangan peraturan MA tentang administrasi dan persidangan secara elektronik di pengadilan. Dia menyebut, tahapan rancangan telah memasuki tahap uji publik, sebelum dibawa ke rapat pimpinan MA.
 
"Rancangan peraturan Mahkamah Agung yang akan menjadi landasan hukum pemanfaatan teknologi informasi dalam persidangan perkara pidana ini diharapkan bisa menjadi kado usia 75 Mahkamah Agung," ujar Syarifuddin.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif