Ilustrasi. MI/Ramdani
Ilustrasi. MI/Ramdani

Motor Pribadi Boleh Membawa Penumpang Selama Masa PSBB

Nasional Virus Korona PSBB
Siti Yona Hukmana • 10 April 2020 12:58
Jakarta: Sepeda motor pribadi diperbolehkan membawa penumpang selama masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB tidak membatasi kendaraan roda dua pribadi.
 
"Untuk roda dua pribadi bisa mengangkut penumpang, tapi dengan catatan bahwa penumpang tersebut satu alamat dengan pemilik kendaraan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 10 April 2020.
 
Kebijakan ini berbeda dengan ojek online maupun konvensional. Angkutan transportasi roda dua itu dilarang membawa penumpang selama masa PSBB. Mereka hanya diperbolehkan mengantar barang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syafrin mengatakan pengecualian ini dilakukan karena motor merupakan salah satu opsi untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Misalnya, suami istri yang berangkat kerja bersama dengan menggunakan motor.
 
"Sementara pengaturan roda dua online (ojek online) sudah dijelaskan dengan baik hanya untuk pengangkutan logistik atau barang," tegas Syafrin.
 
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pengendara motor pribadi tetap harus mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19). "Motor pribadi berboncengan itu masih diperbolehkan, asalkan baik pengendara maupun penumpang wajib menggunakan masker dan sarung tangan," ujar Sambodo.
 
PSBB di Jakarta berlaku mulai hari ini hingga 23 April 2020. PSBB diterapkan selama 14 hari dan akan diperpanjang jika dibutuhkan.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif