Aman Abdurrahman Bacakan Pembelaan Pekan Depan
Aman Abdurrahman--Medcom.id/Muhammad Al Hasan
Jakarta: Aman Abdurrahman akan mengajukan pembelaan usai dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Kuasa hukum menyebutkan Aman akan membacakan pembelaan sendiri.

"Iya dibacakan sendiri oleh Aman," kata Pengacara Aman Abdurrahman, Asrudin Hatjani di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jumat, 18 Mei 2018.

Asrudin menjelaskan, Aman akan ajukan sendiri pembelaannya dan kuasa hukum juga akan mengajukan. "Akan beliau ajukan sendiri pembelaan dan pengacara akan mengajukan pembelaan sendiri," sebut Asrudin.


Asrudin mengungkapkan, keputusan jaksa dinilai tidak bijaksana. Jaksa dianggap hanya mengaitkan sejumlah aksi teror yang terjadi di Tanah Air.

"Kalau kita merunut fakta yang terungkap di persidangan maka tidak ada satu pun saksi atau bukti yang bisa menjerat Ustad Aman terhadap atau kaitannya dengan bom Thamrin, Kampung Melayu, dan bom di Samarinda. Semuanya hanya dikaitkan oleh JPU," tutur Asrudin.

Baca: Aman Abdurrahman Heran Dikaitkan dengan Bom Surabaya

Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Selatan Akhmad Jaini mengagendakan pembacaan pembelaan terdakwa pekan depan. "Sidang dilanjutkan minggu depan, Jumat 25 Mei 2018 dengan agenda pembacaan pembelaan, pukul 08.30 WIB," kata Hakim Akhmad.

Dalam dakwaan primer, Aman dituduh melanggar Pasal 14 juncto Pasal 6 subsider Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Dalam dakwaan sekunder, Aman dikenakan Pasal 14 juncto Pasal 7 subsider Pasal 15 juncto Pasal 7 UU Terorisme.



(YDH)