Ketua KPU Arief Budiman (kanan) bersama komisioner KPU Viryan dan Ilham Saputra melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Kantor Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2019). Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Ketua KPU Arief Budiman (kanan) bersama komisioner KPU Viryan dan Ilham Saputra melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Kantor Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2019). Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Bukti Salinan Putusan MA dari PDIP Dibawa ke Sidang Etik

Nasional OTT KPK
Whisnu Mardiansyah • 15 Januari 2020 15:13
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membawa sejumlah bukti ke sidang etik Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Salah satunya, salinan putusan Mahkamah Agung (MA) terkait pergantian antarwaktu (PAW) calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan di DPR periode 2019-2024.
 
"Penjelasan kita tentang pengambilan keputusan yang dilakukan oleh KPU," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Januari 2020.
 
KPU akan membeberkan hasil penetapan caleg terpilih dari daerah pemilihan Sumatra Selatan I berdasarkan perolehan suara calon legislator PDIP dalam sidang etik Wahyu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arief menegaskan KPU punya alasan kuat menetapkan Riezky Aprilia sebagai pengganti Nazaruddin Kiemas sebagai legislator terpilih dari PDIP di dapil Sumatra Selatan I.
 
"Kemudian merespons surat PDIP Perjuangan nanti kita jelaskan semuanya sampai surat kita yang terakhir tanggal 7 Januari," ujar Arief.
 
PDIP sebelumnya meminta KPU menetapkan calegnya Harun Masiku sebagai anggota DPR dari dapil Sumatra Selatan I menggantikan Nazaruddin. Nazarudin meninggal pada 26 Maret 2019 atau sebelum hari pencoblosan pemilu, Rabu, 17 April 2019.
 
Berbekal putusan MA Nomor 57 P/HUM/2019, PDIP ngotot Harun yang perolehan suaranya minim diminta menggantikan posisi Nazaruddin. Permintaan itu ditolak KPU pada 31 Agustus 2019. KPU menilai caleg peraih suara terbanyak kedua, yakni Riezky Aprilia yang berhak menempati posisi Nazarudin dan maju ke Senayan.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif