Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (kanan). Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (kanan). Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Terduga Teroris EY Pendana JAD Lampung

Nasional terorisme
Theofilus Ifan Sucipto • 09 Mei 2019 15:30
Jakarta: Terduga teroris EY, 27, dinilai berperan sangat penting bagi organisasi Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Lampung. EY merupakan pendana untuk organisasi radikal itu.
 
"Dia memiliki peran yang cukup vital di daerah Jakarta dan sekitarnya," kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 9 Mei 2019.
 
Uang yang diberikan EY digunakan untuk membuat bahan peledak oleh SL, pemimpin JAD Lampung dan anak buahnya. EY juga yang mengajarkan SL serta dua anggota JAD Lampung lain, S dan T merakit bom.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dia juga merekrut anak-anak muda untuk bergabung di dalam kelompok JAD Bekasi," imbuh Dedi.
 
Baca: Dua Terduga Teroris Diringkus di Bekasi
 
Dedi menilai EY memiliki keahlian tertentu. EY bisa mencampurkan beberapa senyawa kimia tunggal untuk menjadi bahan bom dengan daya ledak sangat tinggi (high explosive).
 
Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 menangkap dua orang terduga teroris di Bekasi, Jawa Barat. Keduanya bagian dari kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi.
 
"Tadi malam pelaku ditangkap. Dua pelaku ini jaringannya berbeda tapi memiliki koneksi sangat kuat dengan JAD Indonesia," Karopenmas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Mei 2019.
 
Kedua orang itu adalah EY, 27, dan YM, 18. EY ditangkap pada Rabu, 8 Mei 2019 pukul 13.48 WIB, di SPBU Pertamina Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur. Sedangkan, YM ditangkap di hari yang sama pukul 20.33 WIB di rumahnya di Kelurahan Bojong Rawa, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi.
 
Densus 88 mengamankan sejumlah barang bukti seperti dua bom pipa yang sudah jadi dan disebut Mother of Satan. Daya ledakan bom tersebut tinggi.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif