Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Susanto.
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Susanto.

PNS Kemendagri Diperiksa KPK Terkait Korupsi Gedung IPDN

Nasional kasus korupsi
08 Januari 2019 21:32
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tiga orang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pemeriksaan terkait kasus dugaan pengadaan dan pelaksanaan pembangunan gedung kampus Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tahun anggaran 2011.
 
Ketiga saksi yang diperiksa itu ialah pensiunan Kemendagri yang pernah menjabat Kepala Bagian Umum Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset (AKPA)/Direktur IPDN Baso 2010-2012 Burhanuddin. Kemudian dua orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemendagri, Rusel Simorangkir dan Anggar Pramudiani Widyaningtyas.
 
"Ketiganya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DJ (Dudy Jocom, mantan pejabat Kemendagri)," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: KPK Tetapkan Tiga Tersangka Baru Korupsi Gedung IPDN
 
Dudy juga diduga turut terlibat dugaan korupsi dua gedung IPDN di Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat dan di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Kemudian satu proyek gedung kampus IPDN di Sulawesi Utara tahun anggaran 2011.
 
Kerugian negara pada proyek pembangunan Kampus IPDN di Sulawesi Selatan ditaksir sebanyak Rp11,18 miliar dan di Sulawesi Utara Rp9,378 miliar.
 
Sementara kerugian pada pembangunan Kampus IPDN di Rokan Hilir Riau sejumlah Rp22,11 miliar. Kemudian, kampus IPDN di Agam, Sumatra Barat sekitar Rp34,8 miliar.
 
Selain tersangka DJ, KPK juga menetapkan dua tersangka lainnya, di antaranya Kepala Divisi Gedung atau Kepala Divisi I PT Waskita Karya Adi Wibowo (AW) dan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya Dono Purwoko (DP).
 

 
(Marselina Tabita)
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif