Politikus PDIP Dewi Ambarwati Tanjung di Polda Metro Jaya. Foto: Medcom/Siti Yona Hukmana
Politikus PDIP Dewi Ambarwati Tanjung di Polda Metro Jaya. Foto: Medcom/Siti Yona Hukmana

Eggi Sudjana Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Makar

Nasional kasus makar
Siti Yona Hukmana • 24 April 2019 22:05
Jakarta: Politikus PDI Perjuangan Dewi Ambarwati Tanjung melaporkan Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana ke Polda Metro Jaya. Eggi dilaporkan dengan tuduhan makar dan melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
 
Eggi dilaporkan setelah berpidato dengan seruan people power pada Rabu, 17 April 2019. Menurut Dewi, pernyataan itu merugikan dan bisa memecah belah bangsa Indonesia.
 
"Setelah diteliti people power itu sama dengan makar atau merebut kekuasaan yang sah. Saya sebagai warga negara merasa terganggu dengan statemen ini," ujar Dewi di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 24 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, hal ini merupakan bentuk ancamankepada stabilitas keamanan negara. Ajakan Eggi dianggap berdampak buruk bagi masyarakat kecil yang kurang memahami politik.
 
Baca Juga:Hasto: Masyarakat Akan Menilai People Power Amien Rais
 
Laporan itu teregistrasi dengan nomor LP/2424/IV/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus. Eggi disangkakan Undang-undang ITE Pasal 107 KUHP juncto Pasal 87 KUHP atau Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
 
Orasi Eggi yang menyatakan people power itu tersebar di media sosial WhatsApp dan Youtube pada hari yang sama yakni Rabu, 17 April 2019. Atas beredar di media sosial itu lah Dewi mengetahuinya. Bukti rekaman video orasi Eggi juga dilampirkan Dewi dalam laporannya.
 
Dewi mengaku telah menghubungi Eggi untuk menanggapi pernyataan tersebut. Hal ini dilakukan sebelum ia melaporkan Eggi, karena dirinya berteman baik. Namun, Eggi tak merespons dan Dewi langsung melapor ke polisi.
 
"Saya melihatnya pas 17 April itu setelah beberapa menit quick count Pilpres. Disitu ada orasi Eggi Sudjana yang mengajak untuk mengadakan people power, kebetulan saya memang melihat itu merasa terganggu jadi enggak menerima hal ini terjadi," ungkap Dewi.
 
Selain Eggi, Dewi juga melaporkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais terkait hal serupa. Namun, karena bukti-bukti terkait Amien Rais tidak dibawa Dewi, maka hanya melaporkan Eggi.
 
"Tadinya saya ingin melaporkan sekalian Amien Rais, tapi di sini saya tidak menyertakan bukti rekaman yang harus saya berikan ke penyidik Polda Metro. Jadinya hanya laporan Eggi Sudjana dan akan menyusul laporan Amien Rais," pungkas Dewi.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif