Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

107 Orang Jadi Tersangka Penyebaran Hoaks Covid-19

Nasional Virus Korona hoax
Kautsar Widya Prabowo • 20 Mei 2020 15:27
Jakarta: Polri menggiatkan patroli siber di tengah masa pandemi virus korona (covid-19). Sebanyak 107 tersangka ditetapkan atas tindakan penyebaran berita bohong atau hoaks terkait covid-19.
 
"107 tersangka didominasi laki-laki dengan usia 18 sampai dengan 61 tahun," ujar Wakabareskrim Polri Irjen Wahyu Hadiningrat dalam rapat dengar pendapat secara virtual dengan Timwas DPR, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Wahyu mengatakan terdapat tiga wilayah hukum yang menempati posisi atas penyebaran berita bohong. Terbanyak terjadi di Polda Metro Jaya, terdapat 14 tersangka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disusul Polda Jawa Timur dengan 12 tersangka. Kemudian Polda Riau dengan sembilan tersangka.
 
Baca: 107 Orang Jadi Tersangka Penyebaran Hoaks Covid-19
 
Jenderal bintang dua itu mencontohkan beberapa jenis hoaks yang santer tersebar di dunia maya, seperti penyebaran korona disuatu tempat tanpa ada informasi, penyebaran berita bohong pada kebijakan pemerintah hingga penghinaan presiden dan pejabat.
 
Para tersangka dikenakan Pasal 45 dan 45 A Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman pidana 6 tahun penjara dan Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana. Mereka terancam hukuman 5 tahun penjara.
 
Sebelumnya, Polisi berupaya mencegah hoaks terkait virus korona (covid-19) menyebar di media sosial. Pelaku yang berniat memperkeruh suasana akan ditangkap.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif