Kombes Argo Yuwono saat menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya. Foto: MI/Bary Fathahillah
Kombes Argo Yuwono saat menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya. Foto: MI/Bary Fathahillah

Penahanan Tiga WNI di Malaysia Tak Terkait Terorisme

Nasional wni
Juven Martua Sitompul • 22 November 2019 17:05
Jakarta: Polri memastikan penahanan tiga warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia, tak terkait terorisme. Ketiganya ditangkap saat memasuki Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa, 19 November 2019.
 
“Setelah kita lakukan pengecekan ulang ke sana, yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan berkaitan dengan terorisme, dan tidak benar yang bersangkutan jaringan dari terorisme tersebut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di MM Juice Resto, Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 
Argo mengatakan polisi Malaysia awalnya mencurigai ketiga WNI itu terlibat dalam aksi terorisme. Setelah dilakukan pengecekan identitas, termasuk barang bawaan, polisi Malaysia tak menemukan bukti keterlibatan dalam jaringan teroris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Yang bersangkutan digeledah tasnya, dan kemudian dilihat handphone-nya, saat dilihat handphone-nya, salah satu WNI ini sudah menghapus facebook. Facebook-nya dihapus sebelum pemeriksaan, pihak Malaysia mempermasalahkan dikira ada kaitannya dengan jaringan terorisme,” ujarnya.
 
Argo menegaskan ketiga WNI itu datang ke Malaysia karena ingin menonton pertandingan kelima Group G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia. Ketiga WNI itu tidak terlibat dalam jaringan teroris.
 
Pihak kepolisian Malaysia masih meminta keterangan ketiga WNI tersebut. Polri akan terus berkomunikasi dengan pihak kepolisian Malaysia terkait hal ini.
 
“Saat ini masih kita komunikasikan dengan LO(Liaison officer) di Malaysia, yang bersangkutan masih dimintai keterangan, hasil keterangannya apa nanti kami kembali sampaikan,” kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif