Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief/MI/Rommy Pujianto
Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief/MI/Rommy Pujianto

KPK Sebut Kaderisasi Parpol tak Berjalan Baik

Nasional parpol
Juven Martua Sitompul • 19 Februari 2018 15:59
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut kaderisasi partai politik di Indonesia tidak berjalan baik. Calon kepala daerah yang diusung partai kebanyakan bukan kader.
 
"Proses kaderisasi partai politik tidak berjalan dengan baik. Liat saja para calon gubernur atau Bupati atau Wali Kota yang banyak dihiasi ‘kader cabutan’ dan ujuk-ujuk jadi calon pemimpin," kata Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif saat dikonfirmasi, Senin, 19 Februari 2018.
 
Laode juga menilai masih adanya mahar politik dalam pesta demokrasi juga membuktikan kaderisasi di partai politik masih berjalan buruk. Laode menegaskan sekolah kader maupun sekolah calon kepala daerah tak bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan partai dalam pengaderan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ukuran nyata keberhasilan kaderisai, tegas Laode, terlihat dari munculnya kader yang berkarier dari bawah hingga menjadi pemimpin bersih.
 
"Bukan dari kader-kader cabutan yang kebanyakan berasal dari pengusaha," ucap dia.
 
Delapan kepala daerah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Enam di antaranya ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT), sedangkan dua lainnya hasil pengembangan.
 
Mereka yang ditangkat rata-rata karena menerima suap proyek di wilayah kekuasaannya. Uang suap diduga untuk membiayai kampanye pada Pilkada Serentak 2018.
 
Delapan kepala daerah yang ditetapkan sebagai tersangka antara lain, Gubernur Jambi Zumi Zola, Bupati Halmahera Timur Rudi Erawan, Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latif, dan Bupati Kebumen M. Yahya Fuad. Ada pula Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Bupati Ngada Nusa Tenggara Timur (NTT) Marianus Sae, Bupati Subang Imas Aryumningsih, dan Bupati Lampung Tengah Mustafa.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif