Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Hakim Agung Diminta Tak Inkosisten

Nasional mahkamah agung
Kautsar Widya Prabowo • 05 November 2019 05:33
Jakarta: Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Ali meminta hakim agung dapat menghindari berbagi bentuk inkonsitensi putusan. Sebab, hakim agung merupakan pihak pelaksana fungsi kasasi.
 
Menurut dia, inkonsistensi putusan dapat mengacaukan sasaran Mahkamah Agung (MA) dalam menjaga kesatuan hukum. Dengan begitu, kondisi ketidakpastian hukum tidak pernah terjadi.
 
"Hal itu karena hakim-hakim pada pengadilan-pengadilan di bawah Mahkamah Agung tidak memiliki panduan dalam menafsirkan dan menyelesaikan permasalahan hukum tertentu," kata Hatta Ali seperti dilansir Antara, Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hatta Ali mengatakan tidak menutup kemungkinan masyarakat yang tengah mencari keadilan merasa memiliki kesempatan untuk mendapatkan putusan yang sesuai dengan ekspetasinya. Jumlah perkara yang masuk ke Mahkamah Agung pun dikhawatirkan akan terus bertambah.
 
"Saya berharap para Hakim Agung harus memastikan pendapat yang diberikan pada setiap perkara yang ditanganinya diarahkan untuk menjaga kesatuan penerapan hukum secara nasional demi meningkatkan kepastian dan keadilan bagi orang banyak," jelasnya.
 
Dia menegaskan fungsi utama MA adalah sebagai lembaga kasasi yang pada dasarnya bertujuan untuk menjaga kesatuan hukum pada pengadilan yang lebih rendah, melalui penafsiran hukum yang diberlakukan sama di seluruh Indonesia. Kasasi untuk melakukan pemeriksaan terhadap kualitas putusan yang diajukan upaya hukum ke Mahkamah Agung, baik pada aspek penerapan hukum mau pun alasan-alasan hukum yang diberikan oleh pengadilan sebelumnya.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif