Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Polisi Belum Temukan Kaitan Para Tersangka Hoaks

Nasional pilpres 2019 hoax
Siti Yona Hukmana • 12 Januari 2019 07:01
Jakarta: Polda Metro Jaya belum menemukan keterkaitan para pelaku hoax surat suara tercoblos tujuh kontainer. Hingga kini, lima orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.
 
"(Lima orang pelaku ini) tidak ada berkaitan. Belum ditemukan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta Selatan, Jumat, 11 Januari 2019.
 
Tersangka terakhir yang baru ditangkap yakni seorang guru sekaligus simpatisan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berinisial MIK. Dia diringkus polisi pada 6 Januari 2019 pukul 22.30 WIB di Cilegon, Banten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Argo, peran MIK dalam kasus ini sebagai penulis konten hoax di akun twitter pribadinya. Dari Pemeriksaan awal, MIK menyebar hoaks atas inisiatif sendiri.
 
(Baca: Guru Penyebar Hoaks Surat Suara Ditangkap)
 
Motifnya hanya untuk memberitahu para pendukung Prabowo-Sandi. "Iya (inisiatif peibadi), namanya posting-posting biasa di situ (twitter)," imbuh Argo.
 
Empat lainnya yang telah diamankan yakni, Bagus Bawana Putra ditangkap sebagai tersangka utama pembuat konten di rekaman suara. Kemudian HY di Bogor, LS di Balikpapan dan J di Brebes. Namun, ketiganya hanya merupakan penyebar aktif, dan tidak dilakukan penahanan.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi