Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Saksi Ungkap Dugaan Penggelapan Uang Atet Handiyana

Juven Martua Sitompul • 23 Maret 2022 20:08
Jakarta: Sidang kasus dugaan penyekapan seorang pengusaha di Depok, Atet Handiyana Juliandri Sihombing, oleh anggota TNI kembali digelar di Pengadilan Militer II-08 Jakarta. Sidang menghadirkan dua karyawan PT Indocertes Muis dan Ichsan sebagai saksi.
 
Dalam sidang, saksi menyebut kasus dugaan penyekapan ini berkaitan dengan penggelapan uang PT Indocertes yang diduga dilakukan Atet. Atet disebut berjanji mengembalikan uang perusahaan alutsista tersebut pada 25 Agustus 2021. Uang itu sebelumnya dia klaim telah diserahkan kepada beberapa petinggi TNI.
 
Klaim pemberian terhadap pejabat TNI ini yang kemudian mengundang keterlibatan terdakwa Lettu Chb HS dan Mayor H untuk mengklarifikasi. Menurut Ichsan, Atet memang tidak pernah menyerahkan sejumlah uang kepada pejabat TNI seperti yang diklaim sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Atet lalu berjanji mengembalikan uang sejumlah Rp30 miliar yang masih disimpan di rumahnya. Dia mengaku sebagian sudah dibelikan mobil, motor, dan aset lain," kata Ichsan menceritakan kronologi peristiwa dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Letkol Chk Rizki Gunturida, Rabu, 23 Maret 2022.
 
Oditur Mayor Chk Upen Jaya Supena bertanya kepada Ichsan alasan mengajak terdakwa Lettu Chb HS untuk ikut mengantar ke kediaman Atet di Depok. Kepada hakim, Ichsan mengaku khawatir karena Atet memiliki senjata api.
 
"Saya merasa risau dengan Atet karena dia punya senjata api. Pak Ichsan ngerti soal pistol enggak? Ditunjukkanlah pistolnya ditaruh di meja," kata Ichsan menceritakan kejadian itu.
 
Baca: Hakim Cecar Atet Handiyana Soal Penggelapan Uang PT Indocertes
 
Sementara itu, Muis yang menjabat sebagai Manajer Operasional PT Indocertes juga ditanyai oleh majelis hakim mengenai jumlah uang yang digelapkan Atet.
 
"Total yang sudah dikembalikan oleh Atet senilai Rp30 miliar dari total Rp77 miliar yang sudah digunakan," ujar Muis.
 
 
Halaman Selanjutnya
Dalam sidang itu, kuasa hukum…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif