Lambang KPK. Foto: MI
Lambang KPK. Foto: MI

Dewas KPK Pelajari Kasus Kompol Rossa

Nasional kpk
Candra Yuri Nuralam • 05 Februari 2020 22:37
Jakarta:Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mempelajari pemulangan penyidik Komisaris Polisi (Kompol) Rossa Purbo Bekti ke Mabes Polri sebelum masa tugasnya habis. Dewas Bakal bertindak jika ada pelanggaran.
 
"Pada prinsipnya, Dewas akan menjalankan tugas pengawasan dan evaluasi kinerja pimpinan dan pegawai sebagaimana diamanatkan," kata anggota Dewas Albertina Ho di Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.
 
Menurut dia, Dewas sudah menerima banyak laporan terkait kasus tersebut. Salah satunya adalah dari media massa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengenai hal ini kan sudah dijelaskan oleh pimpinan KPK di media," ujar Albertina.
 
Rossa sudah tidak mempunyai akses masuk ke dalam Gedung Merah Putih KPK. Dia juga tidak menerima gaji dan tidak bisa mengakses surel miliknya.Rossa sejatinya ditugaskan di KPK hingga September 2020.
 
Dewas KPK Pelajari Kasus Kompol Rossa
Ketua KPK Firli Bahuri (kanan) menyampaikan kata sambutan saat serah terima jabatan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019. Foto: MI/Pius Erlangga
 
Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Rossa sudah tidak bekerja di KPK. Dia mengeklaim sudah ada surat resmi dari Lembaga Antirasuah mengenai masalah ini.
 
Surat itu diteken Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Hardianto Harefa. Dokumen itu diketahui pimpinan dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) KPK Chandra Sulistio Reksoprodjo.
 
"Penyidik atas nama Rossa sudah dikembalikan (Rabu) 22 Januari 2020 sesuai dengan surat keputusan pemberhentian pegawai negeri yang dipekerjakan di KPK sesuai keputusan pimpinan KPK," kata Firli di Jakarta, Selasa, 4 Januari 2020.
 
Menurut Firli, pengembalian Rossa dibarengi dengan penyidik Indra yang sama-sama dari Polri. Kedua orang itu sudah diserahkan kepada Markas Besar Polri Jumat, 24 Januari 2020.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif