Kapolri Ajak Tokoh Agama Dinginkan Suasana Pilkada

Siti Yona Hukmana 15 Februari 2018 15:44 WIB
pilkada serentak
Kapolri Ajak Tokoh Agama Dinginkan Suasana Pilkada
Kapolri Jenderal Tito Karnavian/Medcom.id/Yona
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengajak tokoh agama mendinginkan suasana pada Pilkada Serentak 2018. Masa kampanye telah dimulai dan berlangsung hingga Juni mendatang.

"Situasi kampanye ini akan melahirkan isu-isu. Dengan mengajak tokoh-tokoh, dapat mendinginkan iklim politik yang sudah mulai memanas ini," kata Tito di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa barat, Kamis, 15 Februari 2018.

Tito menjelaskan keterlibatan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya, dan pemuda sangat penting. Mereka bisa memberikan statement yang mengedepankan kebersamaan dan toleransi.


Baca: Pasal Penindakan Isu SARA dalam Pilkada Sangat Minim

Tito mengatakan kampanye saat ini bukan kampanye hitungan pekan dengan mobilisasi massa besar. Kampanye merupakan ajang menjual visi misi jangka panjang hingga empat bulan. Isu-isu yang muncul sangat berpotensi membuat suasana panas.

"Maka itu, setiap daerah akan melakukan rencana operasi untuk pengamanan. Tapi konsep utamanya adalah prefentif (pencegahan) dan menciptakan situasi agar tidak adanya kampanye hitam dan kampanye negatif," ujar bekas Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu.

Tito mengklaim kampanye panjang tak menyebabkan besarnya mobilisasi massa. Ia menduga kampanye bakal lebih efektif melalui media sosial.

"Untuk itu, kita juga memperkuat patroli di dunia siber (media sosial) untuk menetralisasi jangan sampai isu yang hoax dan provokatif itu muncul," ucap eks Kepala Densus 88 Antiteror Polri itu.

Baca: Media Massa Diharapkan Bisa Mendinginkan Suhu Pilkada

Berbagai isu diprediksi muncul pada Pilkada 2018. Isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) rawan muncul di wilayah peserta pilkada. Berbagai pihak harus terlibat menekan derasnya arus berita bohong dan provokatif melalui media sosial.

Tak hanya Polri, Ketua DPR Bambang Soesatyo juga telah meminta lembaga terkait mengawasi ketat media sosial jelang maupun saat Pilkasa Serentak 2018 digelar. Masyarakat pun harus berpartisipasi aktif dengan tidak terlalu gampang percaya dan selalu mengkroscek setiap informasi yang diterima.



(OJE)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360