Gubernur Papua Lukas Enembe/Branda Antara
Gubernur Papua Lukas Enembe/Branda Antara

Hormati Proses Hukum KPK, Lukas Enembe Diminta Berjiwa Besar

Candra Yuri Nuralam • 29 September 2022 18:13
Jakarta: Proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mesti dihormati semua pihak, tak terkecuali Gubernur Papua Lukas Enembe. Wakil Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Jayapura John Bukwab meminta Lukas berjiwa besar.
 
"Lukas Enembe harus memiliki jiwa besar dalam menghadapi dan mematuhi proses hukum yang saat ini menjeratnya. Tidak ada yang kebal hukum di negara ini dan jangan menghindar dari hukum yang ada," kata John melalui keterangan tertulis, Kamis, 29 September 2022.
 
Menurut dia, Indonesia merupakan negara hukum dan semua pihak mesti taat pada hukum. John tak ingin sikap Lukas menjadi preseden buruk penegakan hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan kasus dugaan korupsi Lukas menjadi sorotan masyarakat di seluruh Indonesia. Putra Papua itu diminta menyadari hal itu dan menaati hukum sebagai bentuk contoh yang baik sebagai pejabat.
 
Di sisi lain, John meminta seluruh masyarakat Papua menjaga suasa kondusif. "Tanah Papua adalah ada zona damai sehingga jangan ada kelompok tertentu yang melakukan provokasi," ucap dia.
 

Baca: Kelompok yang Melindungi Lukas Enembe Menikmati Uang Korupsi


Pemerintah juga dituntut tegas mendukung penegakan hukum. Jangan sampai negara kalah dengan oknum yang membekingi Lukas.
 
"Kami semua serahkan ke pihak hukum dan KPK harus melakukan prosesnya," kata John.
 
Lukas Enembe dua kali mangkir dalam panggilan pemeriksaan sebagai tersangka oleh KPK. Kesehatan menjadi alasan Lukas Enembe absen.
 
Pengacara Lukas, Stefanus Roy Rening mengatakan kliennya sudah menderita strok sejak 2018. Lukas disebut mondar-mandir ke Singapura untuk menjalani perawatan. Kondisi Lukas dinilai semakin memburuk dua bulan belakangan.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif