Polri Bakal Perketat Pengamanan Obyek-Obyek Vital
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto--Medcom.id/Lukman Diah Sari
Jakarta: Polri bakal memberikan jaminan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat selama selama perayaan Lebaran 2018. Selain lalu lintas, pengamanan obyek vital bakal diperketat.

"Polri menjamin keamanan selama Lebaran tahun 2018 dengan memperketat pengamanan obyek-obyek vital, sentra-sentra ekonomi, tempat-tempat wisata, dan rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya," Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 Juni 2018. 

Menurut dia, kekuatan personel Polri telah dibantu TNI untuk disebar di pos pantau maupun titik rawan kejahatan. Patroli di seluruh kawasan baik perkotaan maupun perkampungan juga dilakukan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan masyarakat. 


"Agar seluruh masyarakat dapat mudik dan bersilahturahim dengan keluarga selama Lebaran. Kami yang menjaga Kamtibmas dengan rekan-rekan TNI dan seluruh stakeholder terkait," ujarnya. 

Setyo menambahkan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Indonesia sampai H-1 Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah terpantau kondusif. Kondisi ini bakal dipertahankan hingga masa Operasi Ketupat 2018 berakhir. 

"Situasi Kamtibmas dilaporkan sampai dengan hari ini secara keseluruhan alhamdulillah terpantau aman, kondusif dan lancar," tuturnya. 

Baca: Kapolri Waspadai Terorisme saat Mudik

Tak cukup di situ, euforia gelaran Piala Dunia 2018 yang di gelar di Rusia pekan depan dipastikan bakal berimbas hingga ke Tanah Air. Polri menyiapkan skemena pengamanan terutama pada jelang pembukaan pertandingan. 

Kabag Penerangan Satuan Mabes Polri Kombes Yusri Yunus mengatakan kepala satuan wilayah telah diinstruksikan untuk menjaga titik rawan kejahatan. Personel Polri nantinya bakal berada di pusat nonton bareng.  

"Sudah kita antisipasi semuanya. Ada beberapa titik sepeti tempat nonton bareng, kita siapkan pengamanan semuanya," ujar Yusri.

Pembukaan Piala Dunia yang dilaksanakan pada 14 Juni 2018 malam waktu Indoensia bertepatan dengan momentum takbiran di perayaan Hari Raya Idulfitri 1439 H. Selain potensi tindak kriminal, pengamanan juga berlaku mengantisipasi aksi terorisme. "Sudah kita maping daerah-daerah rawan. Petugas sudah ada di lapangan," tuturnya. 



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id