Penyidik KPK dari Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju, dibawa ke rumah tahanan. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Penyidik KPK dari Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju, dibawa ke rumah tahanan. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Eks Penyidik KPK Mengakui Walkot Tanjungbalai Meminta Bantuan Lili Pintauli

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi Pemberantasan Korupsi
Candra Yuri Nuralam • 26 Juli 2021 22:59
Jakarta: Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju dijadikan saksi dalam persidangan dugaan suap penanganan perkara di Tanjungbalai. Robin mengamini adanya komunikasi Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial dengan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar.
 
Robin menjelaskan komunikasi Syahrial dengan Lili dibantu dengan seseorang bernama Fahri Aceh. Keduanya membahas pengurusan perkara jual beli jabatan di Tanjungbalai yang menyeret Syahrial.
 
"Terdakwa (Syahrial) menyampaikan bahwa saya ditelepon oleh Bu Lili yang menyampaikan bahwa 'gimana? Berkas kamu di meja saya nih' itu Bu Lili kepada terdakwa saat itu," kata Robin dalam sidang virtual di Jakarta, Senin, 26 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Robin tidak memerinci waktu pembicaraan itu berlangsung. Namun, saat itu Syahrial meminta Lili untuk membantu penanganan perkara jual beli jabatan di Tanjungbalai.
 
"Kemudian terdakwa menyampaikan kepada Bu Lili 'bantu lah bu', kemudian setelah itu, Bu Lili menyampaikan ketemu dengan orang saya di Medan namanya Fahri Aceh," ujar Robin.
 
Baca: Eks Penyidik KPK Diduga Tak Hanya Terima Uang dari Wali Kota Tanjungbalai
 
Robin mengetahui hal itu dari cerita Syahrial. Menurut Robin, Syahrial mencoba melobi banyak orang agar perkara jual beli jabatannya tidak diusut KPK.
 
Robin mengaku tidak mengetahui hubungan Fahri Aceh dengan Lili. Dia juga tidak mengetahui apa yang terjadi setelah Syahrial dan Lili berkomunikasi.
 
Namun, Robin menegaskan Lili yang dimaksud adalah komisioner KPK. Jaksa memastikan hal itu untuk menegaskan pernyataan Robin.
 
"Setahu saya dia (Lili Pintauli Siregar) adalah wakil ketua KPK," tegas Syahrial.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif