Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal
Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal

WN Tiongkok Menipu di Indonesia Karena Mudah Berkamuflase

Nasional penipuan
Candra Yuri Nuralam • 26 November 2019 04:41
Jakarta: Sebanyak 66 warga negara (WN) Tiongkok melakukan penipuan menggunakan telepon di Indonesia lantaran mudah berkamuflase. Para pelaku memanfaatkan banyaknya keturunan Tiongkok di tanah air.
 
"Di Indonesia kulit mereka sama, banyak keturunan Tiongkok di sini makannya mereka enggak terlalu mudah dicurigai oleh warga-warga di sini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Slipi, Jakarta Barat, Senin, 25 November 2019.
 
Para tersangka juga memanfaatkan koneksi internet di Indonesia yang mudah diakses. Kebebasan berselancar internet di Indonesia dimanfaatkan pelaku untuk beraksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sistem yang paling mudah. Di Indonesia ini jaringannya paling gampang (akses ke luar negeri)," ujar Yusri.
 
Hingga saat ini polisi masih mendalami sistem yang dibuat oleh para pelaku. Polisi juga masih menelisik otak dari kasus tersebut.
 
"Ini masih kita dalami, kita dalami bagaimana sistem sebenenrya. Nanti kita sampaikan jika sudah rampung," kata Yusri.
 
Polda Metro Jaya menggerebek pelaku penipuan menggunakan telepon di enam lokasi yang tersebar di Jakarta. Sebanyak 66 warga negara Tiongkok ditangkap atas kasus ini.
 
Para tersangka beraksi dengan menghubungi korban yang sedang di luar negeri. Pelaku menelepon dan menyampaikan bahwa korban mempunyai permasalahan pajak.
 
Para pelaku kemudian meminta korban menghubungi nomor lain dengan dalil ingin membantu. Pelaku lain yang menerima telepon menghasut korban dan meminta korban mengirimkan sejumlah uang untuk pengurusan permasalahan tersebut.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif