Bupati Indramayu Supendi. Foto: MI/Pius Erlangga
Bupati Indramayu Supendi. Foto: MI/Pius Erlangga

KPK Perpanjang Penahanan Empat Tersangka Suap Bupati Indramayu

Nasional OTT KPK
Fachri Audhia Hafiez • 02 November 2019 01:30
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan empat tersangka kasus dugaan suap pengaturan proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Salah satu dari keempat tersangka itu ialah Bupati Indramayu Supendi (SP).
 
Tiga tersangka lainnya ialah Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah (OMS); Kepala Bidang Jalan di Dinas PUPR Indramayu Wempy Triyono (WT) dan pihak swasta Carsa AS. Keempatnya ditahan selama 40 hari ke depan.
 
"Dilakukan perpanjangan penahanan dimulai tanggal 4 november 2019 sampai 13 desember 2019," kata juru bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyidik telah memeriksa sejumlah saksi dari unsur pejabat pemerintah dan swasta terkait kasus ini. Pemeriksaan sempat dilakukan di Polres Cirebon Kota, Jalan Veteran No 05, Kebonbaru, Kejaksaan, Kota Cirebon, Jawa Barat.
 
Keterangan para saksi dibutuhkan KPK untuk menggali informasi mengenai dugaan pengaturan proyek-proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Indramayu. KPK mendalami aliran dana, fee proyek, dan informasi lain terkait perkara.
 
Supendi terjerat dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait kasus suap proyek di Dinas PUPR Indramayu, Senin, 14 Oktober 2019. Tujuh orang lainnya, terdiri dari ajudan, pegawai, rekanan, kepala dinas, dan beberapa pejabat Dinas PUPR, juga dibekuk.
 
Supendi naik menjadi bupati setelah pejabat sebelumnya, Anna Sophanah, mengundurkan diri, Selasa, 30 Oktober 2018. Supendi dari wakil bupati dilantik menjadi bupati oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis, 7 Februari 2019.
 
Supendi dua kali menjadi pendamping Anna Sophanah di Kabupaten Indramayu. Pasangan Anna-Supendi diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Gerindra.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif