Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal

Buron Korupsi Anggaran Jamkesmas Papua Ditangkap

Nasional kasus korupsi
Juven Martua Sitompul • 06 Desember 2019 12:42
Jakarta: Tim Intelijen Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru bersama tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Papua menangkap terpidana dr. Steren Silas Samberi. Dia jadi buron kasus korupsi anggaran Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Papua pada RSUD Kabupaten Asmat Tahun Anggaran 2012.
 
“Merupakan pelaku kejahatan yang berasal dari wilayah hukum Kejaksaan Negeri Merauke di Papua yang sedang berada di cafe euforia di Dobo Kepulauan Aru,” kata Kapuspenkum Kejagung Mukri saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019.
 
Saat kasus ini bergulir, Steren menjabat sebagai Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Agats, Kabupaten Asmat. Dia terbukti sah terbukti tindak pidana korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Steren dijatuhi hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan. Dia juga diwajibkan membayar uang pengganti Rp630.616.395 subsider 3 tahun penjara.
 
“Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI. Nomor : 394 K / Pid.Sus /2017 tanggal 11 Desember 2017 yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap pada tanggal 29 Januari 2018,” ujar Mukri.
 
Steren merupakan pelaku kejahatan ke 159 yang diamankan sejak program tabur 32.1 diluncurkan oleh Kejaksaan pada 2018. Total pelaku kejahatan yang ditangkap dalam program ini mencapai 366 orang.
 
“Saat ini terpidana tersebut sedang dilakukan proses pemindahan menuju Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 2A Abepura di Jayapura,” pungkasnya.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif