Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Polri Memperketat Pengawasan Kedatangan TKI

Nasional Virus Korona
Kautsar Widya Prabowo • 07 April 2020 07:51
Jakarta: Polri memperketat pengawasan kedatangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang kembali dari negara terjangkit virus korona (covid-19). Ini dilakukan untuk menekan penyebaran covid-19 di Tanah Air.
 
Instruksi memperketat pengawasan tertuang dalam surat telegram bernomor ST/1102/IV/HUK.7.1./2020 tertanggal 4 April 2020. Surat ditandatangani langsung Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabreskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo.
 
"Diharapkan ada isolasi diri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin, 6 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Dua Pertimbangan Pemerintah Tak Berlakukan Lockdown
 
Dalam surat itu, Kapolri Jenderal Idham Azis meminta jajarannya melakukan prosedur penanganan covid-19 di lokasi kedatangan TKI dengan pendampingan tenaga medis. Seperti pelabuhan, bandara, dan pos lintas batas darat.
 
Pengecekan dilakukan terhadap orang hidup atau mati yang diduga terjangkit, serta barang bawaan yang diduga terpapar selama perjalanan. Penumpang yang terkonfirmasi positif terjangkit harus segera diisolasi di rumah sakit rujukan daerah setempat.
 
Sedangkan penumpang yang negatif ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Mereka diwajibkan melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan dari pemerintah daerah setempat dan petugas kepolisian.
 
Polisi dapat melakukan penegakan hukum jika TKI tak menggubris instruksi Kapolri. Penegakan hukum sesuai Pasal 90 sampai 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif