Amien Rais Menemui Ketua KPK
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Jakarta: Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia tiba di Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 14.08 WIB.

"Mau ketemu Agus Rahardjo (ketua KPK)," singkat Amien di Gedung Merah Putih KPK, Senin, 29 Oktober 2018.

Mantan Ketua MPR itu datang mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana panjang hitam, lengkap dengan peci hitam ciri khasnya. Dia datang didampingi oleh Juru Bicara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferry Juliantono, Neno Warisman serta sejumlah kuasa hukum. 


Kehadiran Amien diduga berkaitan dengan pencegahan Wakil Ketua MPR Taufik Kurniawan. KPK mencegah politikus PAN itu bepergian keluar negeri. 

Taufik sudah pernah diperiksa dalam pengembangan kasus dugaan suap proyek yang bersumber dari DAK pada APBN 2016, senilai Rp100 miliar. Pemeriksaan dilakukan karena Taufik diduga mengetahui ihwal pengurusan anggaran itu.

(Baca juga: KPK Cegah Taufik Kurniawan ke Luar Negeri)

Nama Taufik juga pernah disebut dalam persidangan kasus dugaan korupsi dengan terdakwa pengusaha asal Kebumen, Khayub Muhammad Lutfi, di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu, 4 Juli 2018 lalu.

Dalam persidangan, Bupati nonaktif Kebumen Yahya Fuad menyebut Taufik telah menerima uang sebesar Rp3,7 miliar. Uang itu berkaitan dengan pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN.

Tak hanya itu, Yahya juga mengaku telah melakukan pertemuan dengan Taufik sebanyak dua kali di Semarang dan Jakarta. Pada pertemuan itu, ada kewajiban 5 persen yang harus diberikan jika DAK sebesar Rp100 miliar cair. Uang fee itu diberikan dua kali melalui orang suruhan Taufik.
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id