Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Buronan Korupsi Bulog Rp1,7 Miliar Ditangkap

Nasional kasus korupsi
Lukman Diah Sari • 22 Maret 2019 21:53
Jakarta: Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan tim intel dan pidana khusus (pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menangkap buronan kasus korupsi di Bulog Jatim senilai Rp1,7 Miliar. Proses hukum kini bisa dilanjutkan ke tahap pengadilan.
 
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Mukri mengatakan buronan tersebut bernama Sigit Hendro Purnomo, 34. Tersangka merupakan Kasi Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum Bulog Sub Divre Surabaya Selatan di Mojokerto.
 
"SHP ditangkap di rumah orang tuanya, hari Kamis, 21 Maret 2019 sekitar pukul 20.40 WIB di Jalan Gedebage Selatan, kampung Bojong Manjak, Kelurahan Cisarten Kidul, Bandung, Jawa Barat," kata Mukri di Kejagung, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mukri mengungkap, Sigit kerap berpindah-pindah untuk menghindari tangkapan petugas. Sigit tercatat selalu mangkir pemeriksaan jaksa sejak kasus disidik Kejati Jatim pada November 2018.
 
"Sehingga ditetapkan DPO alias buron," sambung Mukri.
 
Mukri menerangkan modus korupsi yang dilakukan Sigit yakni melakukan penjualan ke Rumah Pangan Kita (RPK) senilai Rp1,7 Miliar. Namun, uang hasil penjualan tidak disetor ke rekening Bulog.
 
"Tersangka malah membuat rekening atas nama pribadinya untuk menampung pembayaran," ujarnya.
 
Sigit diketahui terlibat banyak kasus penipuan. Salah satunya, laporan Badan Usaha Milik Desa (BUMD) Puspa Agro ke Polda Jatim yang menyebut telah ditipu sebanyak Rp13 miliar.
 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif