ilustrasi KPK-MI
ilustrasi KPK-MI

Pengangkatan Penyidik KPK Dikritik

Nasional kpk
Arga sumantri • 11 Mei 2019 00:11
Jakarta: Barisan Penegak Keadilan (BPK) mengkritik keputusan pengangkatan sejumlah penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Koordinator Lapangan BPK Dhani menilai pengangkatan itu kental muatan politik.
 
“Kami mencium ada gelagat aneh dan konspirasi dibalik pengangkatan dan pelantikan 21 penyelidik menjadi penyidik baru di KPK, yang memicu persoalan baru di internal KPK," ucap Dhani di Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019.
 
Dhani mengaku mulai meragukan independensi KPK. Bagi Dhani, pengangkatan penyidik baru ini juga tidak berbasis regulasi yang ada di lembaga antirasuah itu. Padahal, proses pengangkatan penyidik sejatinya harus melalui proses yang ketat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dhani pun khawatir pengangkatan penyidik tanpa mekanisme formal akan menciptakan stigmatisasi penegakan hukum korupsi oleh KPK. "Kami sangat menyesalkan kejadian ini, seharusnya hal yang seperti itu tidak perlu terjadi, jangan-jangan nanti penyidik yang dari polri akan disingkirkan," ucap dia.
 
BPK pun mendorong Komisi 3 DPR memanggil pimpinan KPK terkait polemik di internal KPK. Kinerja pimpinan KPK saat ini dinilai kurang memuaskan publik.
 
"Agus Raharjo (Ketua KPK) telah gagal bertindak tegas terhadap oknum yang mencoba menghambat kinerja pemberantasan korupsi," ujarnya.
 
BPK menggelar aksi di depan Gedung pada Jumat, 10 Mei 2019. Mereka menggelar aksi sambil menggunakan masker. Menurut Dhani, aksi itu sebagai simbol ada aroma tidak sedap di KPK, yaitu aroma politik praktis pada sebagian internal penyidik.
 

(AGA)

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif