Ilustrasi Polri. Medcom.id
Ilustrasi Polri. Medcom.id

Propam Polri Diinstruksikan Telusuri Surat Jalan Djoko Tjandra

Nasional kasus korupsi Djoko Tjandra
Kautsar Widya Prabowo • 15 Juli 2020 11:58
Jakarta: Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Listyo Sigit, menginstruksikan Divisi Propam Polri menelusuri surat jalan buronan kasus korupsi hak tagih Bank Bali Djoko Tjandra. Surat tersebut diduga dibuat pejabat Bareskrim Polri.
 
"Kalau terbukti akan kita beri tindakan tegas terhadap oknum-oknum yang melakukan," ujar Listyo saat dikonfirmasi, Rabu, 15 Juli 2020.
 
Listyo tidak akan ragu menindak oknum Polri yang terbukti bersalah. Namun, kebenaran isu tersebut harus diperiksa Divisi Propam Polri. Listyo menyebut pemeriksaan ini demi kepentingan menjaga muruah institusi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Surat Jalan Djoko Tjandra Diduga dari Polri
 
Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) menyebut Badan Reserse dan Kriminal (Bareksrim) Polri sebagai institusi yang mengeluarkan surat jalan untuk Djoko Tjandra. Surat ini yang membuat buronan kasus korupsi kelas kakap leluasa bepergian.
 
Dari data yang diperoleh IPW, surat jalan untuk Djoko Tjandra dikeluarkan Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS, dengan nomor SJ/82/VI/2020/Rokorwas, tertanggal 18 Juni 2020. Surat ditandatangi Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetyo Utomo.
 
Surat tersebut berisikan kepergian Djoko dari Jakarta menuju Pontianak, Kalimantan Barat pada 19 Juni dan kembali pada 22 Juni 2020. Djoko dalam surat tersebut berstatus sebagai konsultan.
 

(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif