Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Puluhan Tahanan Bareskrim Diduga Tertular Covid-19 dari Tersangka Narkoba

Nasional narapidana polri Virus Korona pandemi covid-19
Siti Yona Hukmana • 16 November 2020 16:09
Jakarta: Sebanyak 48 tahanan Bareskrim Polri dinyatakan positif terjangkit covid-19. Virus itu diduga dibawa tahanan kasus narkoba.
 
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menjelaskan temuan kasus positif ini bermula saat IN, tersangka kasus narkoba, menderita batuk-batuk. IN langsung dievakuasi dan diperiksa.
 
"Dan, hasilnya positif," kata Awi di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 16 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awi mengatakan pihaknya langsung melacak penyebaran covid-19 tersebut. Pasalnya, tahanan saling berinteraksi, terutama dengan penjaga ruang tahanan.
 
"Karena kan mereka memang ada makanan, ada penjaganya. Ini juga perlu kita evaluasi masuknya (covid-19) melalui mana," ungkap jenderal bintang satu itu.
 
Baca: 119 Tahanan Polres Jakarta Timur Positif Covid-19
 
Sementara itu, delapan tahanan yang positif covid-19 dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Mereka mengalami gejala batuk, demam, pusing, serta flu.
 
Sedangkan, 40 tahanan lainnya masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Mereka diisolasi di ruang tahanan secara terpisah.
 
"Kami juga telah menerapkan protokol kesehatan di ruang tahanan dengan menyediakan masker, tempat mencuci tangan atau hand sanitizer, dan menjaga jarak. Kemudian, memberikan vitamin dan suplemen serta obat-obatan yang dibutuhkan," ujar Awi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif