Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Jenazah Anggota KKB Dievakuasi ke Timika

Nasional papua kelompok bersenjata di papua
Media Indonesia.com • 29 Oktober 2020 11:21
Jakarta: Seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker tewas dalam baku tembak di kampung Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin, 26 Oktober 2020. Jenazah pria bernama Rubinus itu dievakuasi dari lokasi kejadian.
 
"Yang bersangkutan (Rubinus) masih dalam proses evakuasi dari Intan Jaya ke Timika, jadi hari ini belum diauttopsi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, saat dihubungi, Kamis, 29 Oktober 2020.
 
Selain melakukan tindakan terukur, kepolisian juga menangkap anggota KKB Hermanus Tipagau. Awi menyebut kelompok KKB pimpinan Sabinus Waker memiliki catatan kriminal di wilayah Papua. Mereka pernah melalukan penyerangan terhadap anggota Brimob pada tahun 2015.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelompok ini juga dikenal kerap melakukan perampasan terhadap warga di kawasan Kampung Banti, Distrik Tembagpura, Kabupaten Mimika, Papua.
 
Baca:Anggota KKB yang Tewas Diduga Terlibat Penembakan TGPF
 
Kelompok yang menamakan diri "Kemabu" ini diduga juga telah merekrut remaja Papua bahkan yang masih di bawah umur. Awi menegaskan satgas gabungan TNI-Polri tidaklah menyasar anak di bawah umur dalam operasi menangkap separatis seperti yang dipropagandakan oleh akun akun medsos KKB.
 
"Kelompok ini telah meracuni pikiran remaja Papua, merekrut serta mempersenjatai mereka dengan tujuan sebagai tameng hidup agar mudah melarikan diri," tegasnya. (Yakub Pryatama Wijayaatmaja)
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif