Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto: MI/Rommy Pujianto

Agus Rahardjo Isyaratkan Tak Maju Capim KPK Jilid V

Nasional kpk pimpinan kpk
Juven Martua Sitompul • 17 Mei 2019 23:45
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memberi sinyal tidak akan melanjutkan kariernya sebagai pimpinan. Agus tidak ingin mencalonkan kembali sebagai pimpinan Lembaga Antirasuah tersebut.
 
Isyarat menghabiskan kariernya sebagai pucuk pimpinan KPK jilid IV itu disampaikan Agus saat membuka acara buka bersama dengan pimpinan lembaga negara dan institusi penegak hukum yang digelar di Gedung KPK hari ini.
 
"Ini tahun terakhir bulan Ramadhan di KPK. Oleh karena itu saya juga ucapkan terima kasih atas kerjasamanya, tak lupa permohonan maaf, mungkin saya tidak bertemu ibu bapak di KPK atau di mana," kata Agus di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati begitu, Agus berharap pimpinan jilid IV lainnya yakni Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata dan Saut Situmorang kembali mencalonkan diri sebagai pimpinan era berikutnya.
 
"Saya berharap komisoner muda seperti Pak Laode, Pak Alex, masih meneruskan karier di KPK, termasuk Bu Basaria tapi itu pilihan masing-masing," kata Agus.
 
Di akhir pidatonya, Agus kembali meminta maaf kepada empat komisioner dan segenap jajaran KPK jika kepemimpinannya belum maksimal. Termasuk, meminta maaf atas kekhilafannya selama memimpin.
 
"Bukan maksud kami melakukan itu, mohon dimaafkan. Saya berharap kerja sama ini terus berlanjut, terutama kepada KPK membutuhkan bapak ibu untuk agar korupsi bisa diminimalkan dan bisa kita cegah di negara ini," kata Agus.
 
Baca:Pansel KPK Jilid V Diminta Transparan
 
Periode kepemimpinan Agus dan kawan-kawan di KPK segera berakhir pada Desember 2019. Saat ini, pemerintah juga sudah mulai membentuk panitia seleksi calon pimpinan KPK jilid V masa jabatan tahun 2019-2023.
 
Pansel capim KPK akan bertugas menyaring dan mengusulkan nama-nama calon kepada Presiden dan bekerja hingga terbentuknya pimpinan KPK periode 2019-2023.
 
Ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yenti Garnasih berharap dapat memilih komisioner KPK yang semakin bagus. Yenti dan delapan anggota lainnya bakal menyeleksi sejumlah nama untuk pimpinan KPK jilid V.
 
Baca:Pansel KPK Diminta Memahami Kebutuhan Lembaga Antikorupsi
 
"Tentu harapannya dapat komisioner (KPK) yang semakin bagus," kata Yenti saat dihubungi Medcom.id, di Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Yenti belum mau bicara banyak soal kerja anggota Pansel. Menurutnya, yang pasti, seleksi calon pimpinan KPK harus sesuai dengan ketentuan Undang-Undang KPK.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif