Ketua KPK Agus Rahardjo. ANT/Abriawan Abhe.
Ketua KPK Agus Rahardjo. ANT/Abriawan Abhe.

Ormas Islam Diminta Aktif dalam Agenda Pemberantasan Korupsi

Nasional kpk
Fachri Audhia Hafiez • 20 Mei 2019 17:47
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo meminta lembaga dan organisasi Islam punya agenda pokok dalam pemberantasan korupsi. Agus menilai ormas Islam dapat berperan dalam penanaman sifat antikorupsi sejak dini.
 
"Sebagai kelompok atau organisasi yang memiliki agenda pokok dalam pemberantasan korupsi dan penciptaan good governance. Nah ini harus kita dorong ini, bagaimana peran dari lembaga Islam untuk lebih berperan ke arah sana," ujar Agus di Gedung Penunjang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 20 Mei 2019.
 
Agus mengatakan KPK punya banyak program yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi. Program pencegahan dan pemberantasan itu bisa diberikan kepada anak-anak. Organisasi Islam diyakini mampu menyediakan wadah penyampaian informasi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Agus Rahardjo Ogah Kembali Pimpin KPK
 
"Terkait pendidikan antikorupsi, mulai membekali guru-gurunya, dididik bagaimana pemahaman mereka pada korupsi supaya diajarkan pada anak didiknya. Kurikulumnya itu juga diperkenalkan, saya pribadi sebagai pimpinan KPK sudah menandatangani dengan Mendikbud, Menteri Agama, Menristekdikti dan Mendagri," beber Agus.
 
Agus khawatir perkembangan teknologi dan terbukanya akses informasi melalui internet memberikan sisi negatif kepada anak-anak. Dia meminta peran semua pihak, tak hanya upaya pemberantasan korupsi tetapi menghilangkan dampak negatif internet.
 
"Jadi pendidikan kita ini harus bisa membentengi harus bisa memberikan kepada anak anak kita. Itu pilihan supaya kita mengambil hal-hal yg positif dari adanya internet," pungkas Agus.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif