Juru bicara KPK Febri Diansyah - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Juru bicara KPK Febri Diansyah - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Suap Izin Tinggal Turis di NTB Mencapai Rp1 Miliar

Nasional OTT KPK
Fachri Audhia Hafiez • 28 Mei 2019 14:37
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap delapan orang terkait perkara izin tinggal warga negara asing (WNA) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Total nilai suap itu diduga miliaran rupiah.
 
"Diduga nilai suap terkait perkara izin tinggal turis di NTB tersebut lebih dari Rp1 miliar," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2019.
 
KPK belum membeberkan nama-nama yang ditangkap. Namun, kedelapan itu terdiri dari unsur pejabat dan penyidik imigrasi serta pihak swasta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lembaga antirasuah saat ini telah membawa tujuh dari delapan orang tersebut ke Jakarta. Mereka akan menjalankan pemeriksaan lebih lanjut di lembaga yang bermarkas di Setiabudi, Jakarta Selatan itu.
 
KPK akan menentukan status hukum ketujuh orang itu dalam kurun waktu 1x24 jam. Lebih rinci kasus tersebut akan diumumkan melalui konfrensi pers.
 
KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di NTB. Delapan orang ditangkap tim Satgas dalam operasi senyap tersebut.
 
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan delapan orang itu terdiri dari unsur pejabat Imigrasi, penyidik Imigrasi, dan pihak swasta. Kedelapan orang itu diduga terlibat praktik rasuah.
 
"Sampai pagi ini delapan orang dibawa ke Polda setempat untuk dilakukan pemeriksaan awal," kata Laode saat dihubungi, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2019.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif