KPK Angkat Bicara soal Novanto di Rest Area Tol Purbaleunyi

Sunnaholomi Halakrispen 24 September 2018 14:18 WIB
korupsi e-ktp
KPK Angkat Bicara soal Novanto di Rest Area Tol Purbaleunyi
Juru bicara KPK Febri Diansyah - MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah tak membantah foto terpidana Setya Novanto yang tersebar di media sosial. Novanto terlihat berada di rest area Tol Purbaleunyi tanpa memakai baju tahanan. 

Febri mengungkapkan pihaknya sempat meminjam Novanto dari Lapas Sukamiskin. Eks Ketua DPR RI itu bakal dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, 18 September 2018.

"Tentu dalam perjalanan dari Sukamiskin ke Jakarta ada jeda waktu dan ada kemungkinan petugas beristirahat di tempat tertentu," beber Febri pada wartawan, Senin, 24 September 2018. 


Febri melanjutkan, dalam peminjaman itu, sepenuhnya SOP di Ditjen Pas khususnya Lapas Sukamiskin. Sebab, Novanto bukan lagi tahanan KPK.

Termasuk, ketika eks ketua umum Partai Golkar itu tak memakai baju tahanan. "Perlu kami jelaskan bahwa Setya Novanto tidak lagi berada pada masa penahanan KPK karena sudah dilakukan eksekusi ke Lapas Sukamiskin setelah putusan berkekuatan hukum tetap," imbuh dia. 

(Baca juga: Plesiran Tahanan, Kemenkumham: Ada Kesalahan pada Pengawalan)

Febri menghargai keingintahuan masyarakat soal Novanto yang terlihat di rest area. Itu artinya, kata dia, masyarakat ikut memantau. 

Hal ini, lanjut dia, bakal menjadi pecutan agar pengawasan di lapas makin ketat. 

"KPK menghargai keinginan dan peran masyarakat mengawasi ketika melihat ada terpidana yang berada di luar seolah-olah dalam kondisi bebas. Hal ini diharapkan semakin membuat pengawasan di lapas-lapas lebih ketat agar benar-benar tidak ada narapidana korupsi yang berada di luar lapas secara tidak sah,"pungkas dia. 

Sebelumnya, beredar foto Setya Novanto bersama terpidana kasus KTP-el Anang Sugiana Sugihardjo. Keduanya terlihat di rest area Kilometer 97 Tol Purbaleunyi arah Jakarta. 

Dalam foto nampak Novanto tidak memakai seragam tahanan. Meski begitu, ada sejumlah petugas yang berjaga. 






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id