Majelis Baru Ambil Alih Perkara yang Ditangani Hakim Korupsi

Kautsar Widya Prabowo 01 Desember 2018 08:56 WIB
OTT KPK
Majelis Baru Ambil Alih Perkara yang Ditangani Hakim Korupsi
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: Pengadilan Negri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel) menjelaskan saat ini tengah melakukan pemeriksaan berkas-berkas kasus yang ditangani oleh dua hakim yang terduga terjerat korupsi. 

Humas PN Jaksel Achmad Guntur mengatakan nantinya berkas-berkas tersebut akan diserahkan ke majelis baru. Lantaran mereka yang akan menentukan kelanjutan kasusnya.

"Terserah majelis baru, apa akan dimulai dari awal atau tinggal melanjutkan saja ,"ujarnya di PN Jaksel, Jumat, 30 November 2018.


Nantinya  majelis baru yang akan menyampaikan kepada pihak yang bersangkutan agar mendapatkan kesepakatanan yang cocok. Majelis baru nantinya berasal dari lingkungan PN Jaksel, dan ditunjuk oleh Ketua Pengadilan. 

Sebelumnya, dua hakim PN Jaksel, Iswahyu Widodo dan Irwan langsung ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keduanya ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel.

Irwan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur. Sedangkan Iswahyu dititipkan di Polres Jakarta Timur.

"Ditahan untuk 20 hari pertama," kata juru bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulis, Jakarta, Kamis, 29 November 2018.

Keduanya disangkakan melanggar Pasal 12 huruf c dan atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.




(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id